Friday, June 30, 2017

Makna Idul Fitri bagi Umat Islam di Seluruh Dunia

Setiap tahun umat Islam di seluruh dunia berkumpul bersama keluarga untuk merayakan Idul Fitri. Perayaan ini menjadi tanda berakhirnya puasa yang Ramadan yang dijalani sebulan penuh.
Dikutip Independent, Minggu (25/6/2017), dalam Bahasa Arab, Idul Fitri diartikan hari raya yang dimeriahkan bersamaan dengan keadaan kaum muslimin yang tidak lagi berpuasa ramadan.
Tahun 2017, Idul Fitri dirayakan tanggal 25-26 Juni. Ini telah disepakati oleh ulama dan Kementerian Agama, karena hilal sudah terlihat.
Semua umat Islam di dunia bersukacita menyambut Idul Fitri. Mereka mendapatkan kepuasan setelah puasa kurang lebih 16 jam sehari. Apalagi bagi umat Islam di Inggris, telah berpuasa selama 19 jam setiap hari di musim panas.
Puasa selama bulan suci Ramadan merupakan aturan dari lima rukun Islam. Saat malam ke-17, Al-Quran diturunkan pada Nabi Muhammad SAW.
Secara tradisional, Idul Fitri dirayakan dua hari. Tetapi pemerintah menetapkan cuti bersama sekira satu minggu.
Pagi hari, umat Islam berkumpul di lapangan untuk melakukan salat Ied. Kemudian, bersilaturahim dengan keluarga di kampung halaman.
Saat berkumpul dengan keluarga, banyak disajikan makanan lezat. Mulai dari ketupat opor, rendang, bakso, hingga aneka kue kering.
Bagi anak-anak, Idul Fitri akan sangat menyenangkan karena mendapatkan uang lebaran dari orangtua dan keluarganya. Di sebagian wilayah, mereka juga datang dari rumah ke rumah untuk mendapatkan uang.
Setelah berkumpul di rumah, sebagian ada yang pergi ke tempat liburan. Biasanya dilakukan pada hari kedua Lebaran. Sungguh menyenangkan!
(ren)

No comments:

Post a Comment