Saturday, June 24, 2017

Waspadai Bakteri Berbahaya di Uang Lebaran

MOMEN yang cukup ditunggu saat lebaran adalah terima angpao. Ya, walau di beberapa masyarakat yang biasa terima uang THR tersebut hanya anak-anak. Tapi, beberapa dari orang dewasa juga masih ada yang menerima uang lebaran tersebut.
Siapa sangka, dari budaya itu terselip bahaya yang mengancam kesehatan manusia. adalah diare dan infeksi saluran pernafasan atas (ISPA). Tapi, bagaimana mungkin hal yang menyenangkan itu bisa berubah menjadi hal menakutkan?
Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, diare dan ISPA bisa menyerang anak Anda bila mereka tidak dibiasakan untuk menjaga kebersihan tangannya. Ya, uang yang biasanya diterima anak-anak berupa uang baru yang mana aromanya saja masih sangat kuat. Bakteri pada uang kertas yang diterima akan memicu risiko dua penyakit tersebut. ’’Makanya, sebisa mungkin setelah menerima uang, segera cuci tangan,’’ kata dr Ari pada Okezone, belum lama ini.
Dia melanjutkan, mungkin di beberapa kondisi, sulit untuk menemukan wastafel atau kamar kiecil. Tapi, hal tersebut bukan menjadi pengecualian Anda atau anak tidak mencuci tangan. Ada beberapa alternatif lain yang bisa dipergunakan, seperti menggunakan hands sanitizer atau tisu basah.
’’Intinya, anak tidak boleh langsung memegang makanan bila tangannya baru saja pegang uang kertas. Meminimalisir risiko diare dan ISPA,’’ tegasnya.
Mengapa dua masalah itu cukup bisa membuat siapa saja was-was. Diterangkan dr Ari, dari tangan yang kotor itulah sumber masalah bisa terjadi. Kuman jahat yang mungkin saja terdapat di uang lebaran akan membuat sistem pencernaan terganggu. Begitu juga dengan ISPA. Virus influenza bisa saja ada di mana pun, tak terkecuali pada uang.
Cuci tangan menjadi salah satu benteng terkuat tubuh manusia untuk menghalau segala macam penyakit yang masuk ke tubuh. So, ayo jangan malas cuci tangan!
(ren)

No comments:

Post a Comment