Sunday, July 9, 2017

Semakin Banyak Uban, Risiko Serangan Jantung pun Tinggi?

UBAN atau rambut putih di kepala biasanya menandakan usia seseorang. Namun, siapa sangka, uban juga ternyata menjadi penanda seseorang berisiko tinggi mengidap penyakit jantung.
Dilansir dari News Channel 10, temuan tersebut berasal dari analisis yang mengamati 545 pria dewasa karena memiliki tanda masalah jantung yang cukup besar kemudian merujuk silang hasilnya dengan warna rambut. Pada populasi penelitian, uban dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner aterosklerotik. Aterosklerotik mengacu pada pembentukan plak di arteri. Temuan tersebut terlepas dari usia pria atau apakah dia sudah diketahui memiliki risiko terkena penyakit jantung.
Para peserta penelitian yang berusia antara 42 sampai 64 tahun dibagi menjadi lima kelompok berdasar tingkat rambut putih mereka. Para peneliti menemukan, 80 persen peserta menunjukan tanda-tanda penyakt jantung. para peneliti mencatat, semakin dewasa semakin meningkatkan kemungkinan rambut berubah menjadi abu-abu atau beruban.
Namun, pada saat yang bersamaan, rambut beruban juga bisa berjalan seiringan dengan “penuaan biologis” yang tidak sehat. Sebab, keduanya terbentang di sepanjang garis yang sama. Garis tersebut mencakup beberapa bentuk degradasi tingkat seluler. Termasuk di dalamnya meningkatnya risiko peradangan di seluruh sistem, perubahan hormonal, dan kemampuan DNA yang rusak untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Sementara itu, peneliti juga menyarankan agar setiap pasien yang percaya memiliki risiko penyakit jantung, perlu melakukan pemeriksaan rutin. Hal itu penting agar menghindari kejadian kardiak dini dengan memulai terapi pencegahan penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment