Saturday, July 8, 2017

Wih, Ini Penampakan 3 Stasiun di Jakarta Tempo Dulu dan Sekarang

TEPAT pada hari ini, Kamis (22/6/2017), DKI Jakarta genap berusia 490 tahun. Lebih dari usianya tersebut Jakarta telah mengalami berbagai kondisi pemerintahan dan perubahan fisik.
Salah satunya perubahan yang terjadi pada Jakarta ialah stasiun kereta api. Ada tiga wajah stasiun kereta api tempo dulu dan sekarang yang telah Okezone rangkum dalam rangka memperingati ulang tahun Jakarta kali ini, karena kereta api merupakan moda transportasi yang sangat penting dan bisa mengurangi kemacetan Jakarta.
1. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota
Stasiun kereta api Jakarta Kota merupakan salah satu stasiun kelas besar di Indonesia yang berada di Kelurahan Pinangsia, kawasan Kota Tua, Jakarta. Stasiun Jakarta Kota sudah berdiri sejak 1870, hingga kini masih beroperasi normal dan melayani mobilitas warga. Bangunannya terlihat klasik dengan gaya Eropa yang masih sangat terasa pada tampak eksteriornya.
2. Stasiun Tanah Abang

s 1 membuat stasiun ini kerap dipadati oleh warga pengguna moda transportasi kereta api sejak 1910. Stasiun kereta api Tanah Abang yang kini sudah berusia 107 itu berada di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan masih beroperasi diusianya yang sudah senja. Saat-saat menjelang Lebaran seperti sekarang, stasiun kereta api Tanah Abang selalu dipadati warga yang hendak berbelanja ke pasar Tanah Abang untuk membeli keperluan hari raya.
ng berada tepat di sisi timur Monumen Nasional (Monas). Dulunya, stasiun ini pernah bernama Stasiun Koningsplein, namun direnovasi besar-besaran pada 1990 menjadi stasiun jalur layang. Stasiun Gambir dibuka pada 1884, atau sekira 132 tahun lalu, dan hingga sekarang masih beroperasi dan melayani penumpang yang hilir mudik.

No comments:

Post a Comment